Persiapan yang diperlukan untuk memelihara Kucing

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing tentu sangat menyenangkan. Namun sebelum kamu mengadopsi kucing ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Nah, dalam artikel ini sebenarnya pengalaman saya yang baru memulai memelihara kucing, yang ingin saya bagikan dalam tulisan di blog cara merawat kucing ini.

cara merawat kucing
sumber gambar : pixabay.com
Untuk memulai merawat kucing apa saja yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, simak terus artikel dibawah ini :

Transport Box


Transport box sangat diperlukan ketika kamu mau membawa si kucing berpergian, seperti pergi kedokter hewan atau hanya sekedar pergi keluar rumah.

cara merawat kucing
sumber gambar : pxhere.com


Pilihlah Transport box yang sesuai dengan ukuran kucing kamu. Jika tidak memiliki transport box, kamu juga bisa menggunakan kandang yang ukurannya kecil untuk membawa kucing kesayangan, tujuannya agar muat dalam bagasi mobil kamu. Didalam transport box tersebut sebaiknya di beri alas kain, fungsi nya supaya kucing merasa nyaman pada saat kamu pertama kali membawa dia jalan. Dan yang paling penting adalah ketika si kucing buang air, maka kamu lebih mudah membersihkannya.

Toilet dan Pasirnya


Sebelum sikucing sampai kerumah, kamu harus sudah memiliki Toiet dan pasirnya buat sikucing, kamu juga harus mempersiapkan alat – alat untuk membersihkannya ,seperti sekop untuk membuang kotoran kucing, alat spray pembersih serta sapu kecil untuk membersihkan bekas kotorannya.
Jika kamu ingin sikucing buang air di toilet seperti manusia, maka kamu juga harus mempersiapkan alat training untuk kucing buang air di toilet manusia seperti gambar di bawah ini :

cara merawat kucing
sumber gambar : newsela.com
Cara melatih kucing buang air di toilet manusia membutuhkan kesabaran agar sikucing terlatih membuang kotorannya di toilet yang biasa kamu pakai.

Makanan


Makanan adalah hal yang paling wajib kamu miliki. Kamu tidak boleh membuat si kucing kelaparan. Kamu bisa menyakan kepada orang yang menjual kucing kepada kamu, makanan apa yang biasa dimakan oleh kucing tersebut. Dan kamu juga bisa mencari di internet makanan apa yang bagus untuk jenis kucing yang akan kamu pelihara nantinya.

cara merawat kucing
sumber gambar : pixabay.com

Tempat makan Kucing

Selain makanan, yang juga tidak kalah penting adalah tempat makan kucing tersebut. Ada banyak pilihan tempat makan kucing yang tersedia di Petshop. Ada yang terbuat dari bahan plastik dan ada juga yang terbuat dari dari bahan kaca. 

Mana yang lebih baik tempat makan kucing dari bahan plastik atau kaca?


Menurut pengalaman sebaiknya tempat makan kucing lebih baik yang terbuat dari bahan kaca, karena tempat makan kucing yang terbuat dari bahan kaca lebih mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bau setelah dicuci, apalagi ketika kamu memberi makan kucing dengan makanan yang basah atau berlemak.

cara merawat kucing
sumber gambar : pixabay.com

Dan untuk membuat tempat makan kucing kamu terlihat lebih rapi, kamu bisa menggunakan alas diatas tempat makan dan minum kucing. Jadi ketika makanan tersebut tumpah kamu bisa dengan mudah membersihkan sisa - sisa makan yang terjatuh di alas tempat makan tersebut.

Jadi kamu jangan gunakan tempat makan manusia untuk memberi makan kucing.

Tempat Tidur Kucing

Pasti kamu tidak mau melihat kucing yang cantik tidurnya dilantai. Dan pasti kamu juga tidak mau melihat sofa kamu jadi kotor karena menjadi tempat tidur kucing. Sebaiknya kamu menyediakan tempat khusus untuk kucing kamu tidur.

cara merawat kucing
sumber gambar : pixabay.com

Tapi kalo kamu mau tidur bersama - sama dengan kucing juga tidak masalah juga.

Tempat cakar - cakar kucing

selanjutnya kamu juga harus menyediakan tempat untuk cakar - cakar kucing. Karena kucing selalu menyukai cakar - cakar untuk mengasah kuku mereka. Jika kamu tidak menyediakan tempat cakar - cakar untuk si kucing, kucing akan mencari tempat seperti sofa untuk dicakar.

cara merawat kucing
sumber gambar : alamkucing.com

Alat - alat untuk perawawatan kucing

Untuk memulai mengadopsi kucing, alat - alat perawatan untuk kucing seperti shampo kucing, sisir untuk kucing, gunting kuku dan cairan pembersih telinga sangat diperlukan. Karena, mungkin saja kucing yang baru diadopsi itu kotor, jadi harus dimandikan terlebih dahulu.

Kalung Kucing

Kalung kucing sebenarnya tidak wajib, hanya sebagai hiasan saja. Namun, kalung kucing juga berguna ketika kucing kamu hilang, jika kamu membuat nomor telpon yang bisa dihubungi dikalung kucing tersebut. Jadi orang yang menemukan kucing kamu bisa menelepon kamu dan mengatakan kucingnya sudah ketemu.

Rol Pembersih 

Rol pembersih berguna untuk menghilangkan bulu - bulu kucing yang menempel di pakaian kamu, sofa dan perabotan lainnya. Jadi kamu bisa menggunakan rol pembersih untuk mengatasinya. Rol permbersih sebenarnya tidak terlalu penting, karena kamu juga bisa membersihkan bulu - bulu kucing yang rontok menggunakan mesin vacum cleaner.

Mainan

Kucing sangat senang bermain, jadi kamu bisa mempersiapkan mainan untuk si kucing seperti bola yang bisa kamu buat dengan menggunakan kertas, dan mainan seperti pancingan. Kamu harus memastikan mainan tersebut aman untuk kucing.

Komentar